Kamis, 16 Februari 2012

  • : Mengenal gambar digital ● Mengenal Inkscape ● Membuat objek dengan menu dan ikon pada Inkscape ● Berkreasi dengan Inkscape ● Menu dan ikon pada Gimp ● Membuat objek dasar pada Gimp ● Efek gambar pada Gimp ● Berkreasi dengan Gimp ● 1. PETA KOMPETENSI Secara umum, buku ini mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK & KD) bagi SMA seperti yang tercantum dalam tabel berikut. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Bab Menggunakan perangkat lunak Membedakan jenis gambar/grafis bitmap atau raster 1 pembuat grafis vektor dan dengan gambar/grafis vektor. bitmap. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat 2 lunak grafis vektor. Membuat dan mengedit gambar vektor. 3, 4 Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat 5 lunak grafis bitmap. Membuat dan mengedit gambar bitmap. 6, 7, 8 Secara rinci, kompetensi dasar (KD) yang dibahas dalam buku ini tercantum pada tabel xi
  • berikut. Kompetensi Dasar Bab Mengenal gambar digital 1 Gambar bitmap dan vektor 1 Mengenal Inkscape 2 Menu dan ikon pada Inkscape 2 Membuat objek pada Inskcape 3 Menggunakan ikon-ikon di toolbox 3 Berkreasi dengan Inkscape 4 Membuat gambar vektor 4 Menu dan ikon pada Gimp 5 Tool pada Gimp 5 Membuat objek dasar Gimp 6 Mengatur layout gambar 6 Efek gambar pada Gimp 7 Penggunaan filters, phyton-fu, dan script-fu 7 Berkreasi dengan Gimp 8 Membuat gambar bitmap 8 2. CARA MENGGUNAKAN BUKU Buku ini secara khusus ditujukan untuk siswa dan guru SMA atau yang sederajat yang mengikuti dan mengampu pembelajaran Teknologi Informasi dan Komuter (TIK). Namun demikian, buku ini juga dapat digunakan oleh pembaca umum yang berminat dalam dunia Teknologi Informasi dan Komputer. Buku ini dapat dijadikan buku pegangan siswa karena ini menyediakan bahan-bahan pelajaran yang lengkap untuk mata pelajaran TIK di tingkat SMA/MA. Beberapa bagian dari buku ini mungkin memerlukan buku-buku referensi tambahan untuk lebih memperkaya wawasan dan peningkatan kemampuan. Bagi guru, buku ini dapat digunakan sebagai referensi untuk menyusun modul-modul ajar bagi peserta didiknya. Buku ini disusun sedemikian rupa agar siswa dapat belajar secara mandiri dan terdorong untuk mencoba secara langsung. Oleh karena itu, dalam buku ini terdapat banyak ilustrasi baik yang berupa gambar, skema maupun listing program. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat dengan mudah memahami penjelasan ataupun penerapan mengenai suatu konsep tertentu. Untuk menguji kompetensi siswa, pada bagian akhir bab terdapat dengan soal-soal latihan yang berkaitan dengan pokok bahasan pada bab tersebut. xii
  • BAB I MENGENAL GAMBAR DIGITAL STANDARD KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis bitmap dan vektor. ➢ KOMPETENSI DASAR Membedakan jenis gambar/grafis bitmap atau raster dengan gambar/grafis vektor. ➢ PETA KONSEP Pengenalan Gambar Gambar Non Digital Kertas Digital Kanvas Media atau Alat Jenis alat gambar lainnya Kamera Bitmap Komputer Vektor MENGENAL GAMBAR DIGITAL 13
  • PENGANTAR BAB D i era teknologi informasi dan komunikasi ini, kita mengenal dua jenis gambar, gambar biasa (non digital) dan gambar dalam bentuk digital. Gambar non digital adalah sketsa atau guratan alat gambar ke suatu media kertas, kanvas, dan sebagainya yang berada di luar lingkungan media digital (komputer, kamera). Gambar digital adalah gambar yang dihasilkan dari olah gambar di komputer, pemotretan menggunakan kamera digital, atau media lain yang disimpan dalam bentuk file. Gambar digital terbagi menjadi dua jenis, yaitu gambar jenis bitmap dan gambar jenis vektor. Dalam bab ini, Anda akan belajar lebih dalam tentang gambar digital. A. GAMBAR BITMAP Gambar bitmap merupakan duplikat atau tiruan persis dari gambar asli dalam bentuk gambar digital. Gambar jenis ini tersusun dari sejumlah titik pixel (picture element)/dot/point/titik koordinat yang ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk pola tertentu di layar komputer. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan atau menimbulkan kesan gambar. Pixel merupakan elemen terkecil citra digital yang dapat dilihat mata. Semakin banyak jumlah pixel, berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya dan semakin halus gambar yang terbentuk. Akibatnya, semakin besar pula ukuran file gambar tersebut. Banyaknya titik dalam 1 inchi dikenal dengan dpi (dot per inchi). Anda dapat mengenali gambar bitmap dari file komputer yang berekstensi .bmp, .jpg, .tfi, .gif, .png, .pix, .pcx, dan sebagainya. Gambar 1.1 Gambar Bitmap 1. Kelebihan gambar bitmap Gambar bitmap mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai berikut. ● Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural. 14 MENGENAL GAMBAR DIGITAL
  • Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar ● bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda. 2. Kekurangan gambar bitmap Selain mempunyai kelebihan-kelebihan, gambar bitmap juga mempunyai beberapa kekurangan sebagai berikut. ● Perubahan ukuran gambar (pembesaran dan pengecilan) mempengaruhi kualitas gambar. ● Ukuran file gambar relatif besar. ● Melakukan kompresi (pemadatan) pada gambar, maka kualitasnya gambar tersebut akan menurun. 3. Program aplikasi pengolah gambar bitmap Suatu gambar bitmap dapat diolah kembali dengan cara memberikan efek-efek khusus pada gambar, memotong gambar, menempelkan gambar bitmap lain, atau menambahkan objek lain baik yang berupa teks maupuan objek-objek bidang seperti kotak, lingkaran, dan sebagainya. Pengolahan gambar bitmap dapat kita lakukan dengan aplikasi-aplikasi yang dirancang khusus untuk mengolah gambar, seperti Adobe Photoshop, Corel Photopaint, dan GIMP. Photoshop dan Photopaint merupakan program aplikasi berbayar (tidak gratis), namun GIMP adalah program aplikasi yang gratis. Meskipun gratis, gambar yang dihasilkan GIMP tidak kalah kualitasnya dengan gambar yang dihasilkan program berbayar. B. GAMBAR VEKTOR Gambar vektor adalah gambar yang tersusun oleh sekumpulan garis, kurva, dan bidang tertentu dengan menggunakan serangkaian instruksi yang masing-masing didefinisikan secara matematis. Setiap garis, kurva, dan bidang tertentu tersebut mempunyai properti atau atribut masing-masing berupa fill, stroke, dan node. Gambar vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi gambar atau titik pixel (dpi) seperti pada gambar bitmap. Gambar 1.2 Contoh gambar vektor MENGENAL GAMBAR DIGITAL 15
  • Gambar 1.3 Salah satu objek awal mula pembuatan gambar vektor 1. Kelebihan gambar vektor Gambar vektor mempunyai kelebihan-kelebihan sebagai berikut. Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar tanpa mengubah ● kualitasnya. ● Memiliki ukuran file yang kecil, sehingga lebih mudah dan lebih cepat didownload melalui Internet. ● Dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi, tentunya dengan menggunakan software yang sesuai. ● Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya. 2. Kekurangan gambar vektor Kekurangan gambar vektor adalah kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi ● secara realitis atau natural. 3. Program aplikasi pengolah gambar vektor Gambar vektor dapat dibuat dengan program aplikasi desain grafis untuk gambar vektor seperti CorelDraw, Macromedia Freehand, Macromedia Flash, Dia, dan Inkscape. Aplikasi-aplikasi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dia dan Inkscape merupakan program aplikasi pengolah gambar vektor yang bersifat gratis, namun kemampuannya tidak kalah dengan aplikasi berbayar. C. RANGKUMAN Gambar digital secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu gambar bitmap dan gambar vektor. Masing-masing gambar mempunyai kelebihan dan kekurangan. Gambar bitmap lebih bersifat natural, dan memang merupakan duplikat dari kondisi asli alami yang disimpan melalui media kamera menjadi file. Bila diperbesar, kualitas gambar bitmap akan menurun dan terkesan pecah-pecah membentuk titik-titik kotak kecil yang dikenal dengan pixel. Gambar vektor merupakan gambar yang dibentuk dari awal dengan membuat dan menggabungkan beberapa objek garis, kurva, dan bidang tertentu menjadi suatu gambar jadi. Contoh gambar vektor adalah gambar kartun. 16 MENGENAL GAMBAR DIGITAL
  • D. ISTILAH-ISTILAH PENTING ISTILAH ARTI Fill Isi dari suatu objek kurva atau bidang-bidang tertentu, biasanya berupa warna. Natural Warna atau kesan alamiah. Node Titik-titik penghubung antar garis pada suatu objek. Pixel Picture element, bagian terkecil dari gambar bitmap, berupa titik-titik penyusun gambar. Stroke Objek garis dari suatu gambar. E. EVALUASI a. Soal Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang paling tepat. 1. File gambar yang dihasilkan dari kamera termasuk gambar jenis .... a. non digital b. bitmap c. vektor d. pixel e. scalable 2. Gambar kartun termasuk gambar jenis .... a. non digital b. bitmap c. vektor d. pixel e. scalable 3. Program aplikasi untuk mengolah gambar bitmap yang dapat digunakan secara gratis adalah .... a. Adobe Photoshop b. Corel Photopaint c. Gimp d. Dia e. Inkscape 4. Program aplikasi untuk membuat gambar vektor yang dapat digunakan secara adalah .... MENGENAL GAMBAR DIGITAL 17
  • a. CorelDraw b. Gimp c. Macromedia Flash d. Adobe Photoshop e. Inkscape 5. Titik-titik yang merupakan bagian terkecil dari gambar bitmap dikenal dengan istilah .... a. pixel b. scalable c. node d. stroke e. fill 6. Kesan alami yang didapatkan dari suatu objek, dikenal dengan istilah .... a. node b. fill c. pixel d. natural e. stroke 7. Gambar yang bersifat scalable, sehingga kualitasnya tetap bila diperbesar maupun diperkecil adalah gambar jenis .... a. bitmap b. vector c. natural d. non digital e. lukisan 8. Gambar kartun atau vektor merupakan gabungan dari beberapa objek berikut ini, kecuali .... a. garis b. kurva c. kotak d. lingkaran e. foto 9. Ukuran file gambar vektor bila dibandingkan dengan gambar bitmap adalah .... a. lebih kecil b. sama c. lebih besar d. lebih lebar e. fleksibel 10. Gambar manual dapat diubah menjadi gambar vektor, dengan cara .... a. memotret 18 MENGENAL GAMBAR DIGITAL
  • b. membuat dengan Inkscape c. mengolah dengan Gimp d. scanning e. membuat pada kanvas b. Soal Teori Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. 1. Jelaskan pengertian gambar digital! 2. Tuliskan perbedaan gambar non digital dengan gambar digital! 3. Tuliskan kelebihan dan kekurangan gambar bitmap! 4. Tuliskan kelebihan dan kekurangan gambar vektor! 5. Jelaskan pengertian gambar kartun! c. Soal Praktik Kerjakan soal praktik berikut ini. 1. Buatlah suatu sketsa yang bisa mengenalkan gambar bitmap dan gambar vektor, serta bisa menjelaskan perbedaan kedua gambar tersebut. Buat pada selembar karton atau steroform lengkap dengan gambar dan keterangannya. 2. Buat formatnya minimal dalam ukuran B3, seperti gambar berikut ini. MENGENAL GAMBAR DIGITAL 19
  • 20 MENGENAL GAMBAR DIGITAL
  • BAB II MENGENAL INKSCAPE STANDARD KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis bitmap dan vektor. ➢ KOMPETENSI DASAR Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis ➢ vektor. PETA KONSEP MENGENAL INKSCAPE 21
  • PENGANTAR BAB I nkscape merupakan program aplikasi desain grafis untuk membuat dan mengolah gambar vektor. Inkscape bersifat free (gratis) dan multiplatform (dapat berjalan pada berbagai sistem operasi). Kemampuan Inkscape dalam membuat gambar vektor tidak kalah dengan aplikasi grafis yang berbayar seperti CorelDraw dan Freehand. Saat Anda meng-install sistem operasi Linux, Inkscape merupakan salah satu aplikasi yang ikut disertakan. Inkscape dapat Anda download di www.inkscape.org. Pada bab ini, Anda akan mempelajari cara membuka program Inkscape dan mengenal menu dan ikon pada Inkscape. A. MENJALANKAN APLIKASI INKSCAPE Untuk menjalankan aplikasi Inkscape, Anda dapat mengklik menu Applications pada menu utama Linux. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut. 1.Klik Aplications. 2.Pilih Grafis (atau Graphics). 3.Klik ikon Inkscape Vector Graphics Editor. Gambar 2.1 Menjalankan Inkscape dari menu Application 22 MENGENAL INKSCAPE
  • B. MENU DAN IKON PADA INKSCAPE Setelah Anda menjalankan Inkscape, Anda akan melihat tampilan jendela Inkscape. Pada tampilan inilah Anda akan melakukan segala kegiatan desain. Gambar 2.2 memperlihatkan tampilan jendela Inkscape dan bagian-bagiannya. Gambar 2.2 Jendela Inkscape dan bagian-bagiannya Penjelasan mengenai bagian-bagian dalam jendela Inkscape adalah sebagai berikut. 1. Menu Bar Menu bar berisi menu-menu untuk mengelola dokumen secara umum, seperti File → Save untuk menyimpan dokumen dan File → Print untuk mencetak dokumen. Gambar 2.3 Menu Bar MENGENAL INKSCAPE 23
  • 2. Commands Bar Commands bar berisi ikon-ikon yang merupakan shortcut untuk perintah-perintah pokok seperti print, open, save, dan sebagainya. Gambar 2.4 Command Bar 3. Tool Controls Bar Tool Controls Bar berisi ikon-ikon untuk memodifikasi objek, misalnya memutar dan mengatur ukuran atau tata letak urutan objek. Gambar 2.5 Tool Control Bar 4. Ruler Ruler atau penggaris berfungsi untuk melihat dan memperkirakan ukuran gambar dalam satuan pixels. 5. Scrollbar Scrollbars berguna untuk menggulung layar dokumen atas-bawah dan kiri-kanan. 6. Lembar Kerja Lembar kerja merupakan tempat untuk meletakkan objek yang Anda buat. 7. Palette Palette berisi warna-warna yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai objek. Bila Anda mengklik objek, kemudian mengklik warna yang Anda inginkan di Palette, maka warna objek tersebut akan berubah. Gambar 2.6 Pallete 24 MENGENAL INKSCAPE
  • 8. Status Bar Status bar dapat Anda gunakan untuk melihat status dokumen Inkscape yang sedang Anda buat. Pada Status bar tercantum informasi-informasi seperti warna objek dan posisi objek bila dilihat pada ukuran di ruler. Status bar dapat juga Anda gunakan untuk zooming (memperbesar-memperkecil) tampilan dokumen. Gambar 2.7 Status bar 9. Toolbox Toolbox berisi tool-tool yang sangat berguna dalam proses perencanaan dan perancangan suatu desain. Contoh tool yang terdapat dalam Toolbox adalah Select and transform, Tweak objects, dan Bezier curves and straight line, dan Zoom. Gambar 2.8 Toolbox MENGENAL INKSCAPE 25
  • TOOL FUNGSI Select and transform Memilih, mengubah ukuran, memutar, menggeser dan me-refleksi objek. Edit paths Mengubah posisi titik node suatu objek hingga objek berubah bentuk. Tweak object Mengubah bentuk objek dengan menarik bagian isi (fill) objek. Zoom Memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan dokumen. Rectangle and Square Menggambar bentuk objek kotak. 3D Boxes Menggambar bentuk objek kotak 3 dimensi. Circle, ellipses, and arcs Menggambar bentuk objek lingkaran, setengah lingkaran. Stars and polygons Menggambar bentuk objek bintang dan persegi banyak. Spirals Menggambar bentuk objek spiral. Freehand lines Menggambar bentuk objek bebas seperti menggambar dengan pensil. Bezier curves and Menggambar bentuk objek dengan garis-garis yang saling terhubung. straight lines Calligraphic or brush Menggambar bentuk objek dengan efek highlight. strokes Fill bounded areas Memberikan warna ke isi objek. Text Membuat tulisan. Diagram connectors Membuat garis penghubung dari satu objek ke objek lain. Gradients Memberikan efek warna gradasi (perpaduan warna) ke isi objek. Pick colors from image Mengambil warna-warna tertentu dari suatu gambar yang nantinya digunakan untuk memberi warna ke isi objek. Tabel 2.1 Tool-tool dalam Toolbox dan fungsinya Bagian-bagian dari Inkscape dapat Anda tampilkan maupun Anda sembunyikan melalui menu View → Show/Hide. Agar lebih jelas, perhatikan Gambar 2.9 berikut ini. 26 MENGENAL INKSCAPE
  • Gambar 2.9 Show/Hide Tools di Inkscape C. MENYIMPAN DOKUMEN INKSCAPE Dokumen yang Anda buat dengan Inkscape akan disimpan dalam bentuk file yang berekstensi svg (nama file.svg). Untuk menyimpan dokumen, Anda dapat menggunakan menu File → Save As atau ikon Save pada Commands bar (Gambar 2.9). Program Inkscape dapat Anda tutup dengan klik menu File → Quit atau menekan Ctrl + Q pada keyboard. D. RANGKUMAN Inkscape merupakan salah satu program aplikasi desain grafis untuk menggambar berbagai objek vektor. Tool-tool yang terdapat pada Inkscape secara umum sama dengan tool-tool pada program aplikasi desain grafis lainnya. Inkscape bebas digunakan dan didownload melalui situs http://www.inkscape.org/download/. Aplikasi Inkscape biasanya disertakan dalam paket-paket sistem operasi Linux. MENGENAL INKSCAPE 27
  • E. ISTILAH-ISTILAH PENTING ISTILAH ARTI Free software Perangkat lunak yang gratis (bebas) untuk digunakan. Multiplatform Dapat berjalan pada beragam sistem operasi. Node Titik-titik penghubung antar garis di suatu objek. Refleksi Membentuk objek yang bertolak belakang seperti efek cermin. Tool Alat yang digunakan untuk membuat dan memodifikasi objek. Download Mengambil file dari Internet. F. EVALUASI a. Soal Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang paling tepat. 1. Inkscape merupakan suatu program aplikasi untuk .... a. pemrograman b. desain grafis c. presentasi d. internet e. multimedia 2. Free software mempunyai pengertian .... a. software berbayar b. software gratis c. software demo d. software bajakan e. Licency 3. Inkscape digunakan untuk membuat gambar berjenis .... a. vektor b. bitmap c. mp3 d. pdf e. 3gp 4. Bagian yang digunakan untuk mengatur zoom (memperbesar-memperkecil) tampilan dokumen Inkscape adalah .... a. menu bar b. commands bar 28 MENGENAL INKSCAPE
  • c. tool controls bar d. toolbox e. status bar 5. Bagian dari Inkscape yang digunakan untuk melihat properties dan status suatu objek adalah .... a. status bar b. commands bar c. tool controls bar d. toolbox e. menu bar 6. Bagian dari Inkscape yang digunakan untuk membuat suatu objek atau perancangan desain adalah .... a. menu bar b. tool controls bar c. status bar d. commands bar e. toolbox 7. Ekstensi file dari Inkscape adalah .... a. cdr b. svg c. pdf d. bmp e. odt 8. Sistem operasi yang sudah menyertakan Inkscape kedalamnya adalah .... a. Windows b. Linux c. Machintos d. FreeBSD e. Symbian 9. Pada Inkscape, ikon yang digunakan untuk menyimpan file terdapat di .... a. tool controls bar b. commands bar c. toolbox d. status bar e. scrollbars 10. Keluar dari program Inkscape, shortcut yang digunakan pada keyboard adalah .... a. Ctrl E MENGENAL INKSCAPE 29
  • b. Ctrl Q c. Alt E d. Alt Q e. Ctrl S b. Soal Teori Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. 1. Apa yang Anda ketahui tentang Inkscape dan desain grafis? 2. Tuliskan cara menampilkan program Inkscape! 3. Bagaimana cara menampilkan dan menyembunyikan toolbox Inkscape? 4. Jelaskan fungsi Toolbox! 5. Jelaskan cara memperoleh Inkscape! c. Soal Praktik Kerjakan soal praktik berikut ini. 1. Bukalah program Inkscape. 2. Buatlah gambar seperti berikut menggunakan ikon Rectangle and Square. 3. Beri warna yang menarik dan bagus. 4. Simpan di folder masing-masing pada Documents. 5. Simpan dengan nama file praktek01_nama_kelas. 30 MENGENAL INKSCAPE
  • BAB III MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE STANDARD KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis bitmap dan vektor. ➢ KOMPETENSI DASAR Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis ➢ vektor. PETA KONSEP MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 31
  • PENGANTAR BAB P erpaduan antara objek yang bagus dan warna yang sesuai akan menghasilkan gambar vektor yang menarik. Karena itu, gambar vektor sering digunakan untuk membuat logo. Logo yang menarik berasal dari perpaduan antara objek-objek seperti kotak, lingkaran, serta garis dan warna tertentu yang tersusun dengan baik. Pada bab ini, Anda akan membuat suatu objek dan memadukannya dengan objek-objek lain hingga menjadi gambar vektor yang sederhana, namun bagus dan menarik. A. MEMBUAT OBJEK DENGAN IKON-IKON DI TOOLBOX Toolbox digunakan untuk membuat suatu objek. Bentuk-bentuk objek yang dapat Anda buat menggunakan ikon-ikon yang terdapat pada Toolbox antara lain kotak (dengan menggunakan ikon Rectangle and Square), lingkaran (menggunakan ikon Circles), elips (menggunakan ikon Ellipses), dan garis lengkung (menggunakan ikon Arcs). Tool-tool penting yang terdapat pada Toolbox adalah sebagai berikut. 1. Select and Transform Objects Tool ini dapat Anda gunakan untuk memilih objek, memindahkan objek, memperkecil/memperbesar objek, memutar objek, memberi warna objek. Tool ini dapat diaktifkan dengan mengklik ikon Select and Transform Objects atau menekan F1 pada keyboard. Gambar 3.1 Mengaktifkan select dan transform object 32 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • Gambar 3.2 mengubah ukuran obyek Gambar 3.3 memutar dan memiringkan obyek 2. Edit Paths by Nodes Anda dapat menggunakan tool ini untuk mengubah sudut objek, memindahkan posisi titik penghubung antar garis pada objek, dan mengubah garis lurus objek menjadi garis lengkung. Gambar 3.4 Mengubah sudut obyek MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 33
  • Gambar 3.5 Mengubah bentuk obyek Gambar 3.6 Mengubah llingkaran menjadi pie setengah lingkaran Edit Path by Nodes dapat juga Anda aktifkan dengan menekan tombol F2 pada keyboard. Objek berupa kotak, lingkaran, dan objek banyak sisi dapat diubah ke bentuk bebas menggunakan Edit path. Akan tetapi, sebelumnya objek tersebut harus diubah ke bentuk path (object to path) melalui menu Path → Object to Path atau menekan Shift + Ctrl + C pada keyboard. Setelah langkah tersebut Anda lakukan, barulah objek tersebut dapat diubah seperti yang tampak pada Gambar 3.5. 3. Rectangle and Square Tool ini dapat Anda gunakan untuk membuat objek bujursangkar atau persegipanjang. Untuk membuat bujursangkar, secara bersamaan Anda perlu menekan tombol CTRL pada keyboard. 34 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • Gambar 3.7 membuat rectangle dan bujur sangkar 4. 3D Boxes 3D Boxes berguna untuk membuat objek kotak 3 dimensi. Untuk mengaktifkan melalui keyboard, tekan tombol Shift + F4. Gambar 3.8 membuat kotak 3 dimensi 5. Circles, Ellipses, and Arcs Tool ini dapat Anda gunakan untuk membuat lingkaran, elips, pie, dan arc. Lingkaran sempurna dapat Anda buat jika Anda menekan tool ini sambil menekan tombol CTRL pada keyboard. Untuk membuat objek pie atau arc, Anda dapat menggunakan bantuan tool Edit path yang telah kita bahas sebelumnya. Tool Circles, Ellipses, and Arc juga dapat Anda aktifkan melalui keyboard dengan menekan tombol F5. MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 35
  • Gambar 3.9 Membuat elips dan lingkaran 6. Stars and Polygons Tool ini dapat Anda gunakan untuk membuat objek bintang atau objek dengan banyak sisi. Untuk mengaktifkannya melalui keyboard, tekan tombol Shift + 8. Bentuk bintang dan segi banyak dapat Anda buat dengan mengklik ikon pada toolbar yang otomatis muncul saat Anda mengaktifkan tool Stars and Polygon. Gambar 3.10 membuat star dan polygon 7. Spirals Tool Spirals berguna untuk membuat objek garis spiral atau gelombang. Tool ini dapat Anda aktifkan melalui keyboard dengan menekan tombol F9. 36 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • Gambar 3.11 Membuat spiral 8. Freehand Lines Anda dapat menggunakan tool Freehand Lines untuk membuat objek bebas seperti Anda menggambar menggunakan pensil pada selembar kertas. Freehand Lines dapat Anda aktifkan melalui keyboard dengan menekan tombol F6. Gambar 3.12 Memuat obyek bebas 9. Bezier Curves and Straight Lines Bezier Curves and Straight Lines merupakan tool untuk membuat suatu objek bebas dengan sebelumnya menentukan titik-titik pertemuan antar garis pada suatu objek yang akan dibuat. Tool ini sangat bermanfaat untuk menggambarkan sketsa yang Anda buat di atas kertas dan Anda pindahkan ke komputer dengan scanner. Dengan Bezier Curves and MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 37
  • Straight Lines dan bantuan tool Edit Path Anda dapat membuat tokoh kartun. Gambar 3.13 Membuat obyek bebas dengan titik-titik node 10. Calligraphic or Brush Strokes Tool ini dapat Anda gunakan jika Anda ingin membuat suatu efek tulisan kaligrafi atau kuas atau efek highlight. Untuk mengaktifkan tool Calligraphic or Brush Strokes, Anda cukup menekan tombol CTRL + F6 pada keyboard. Gambar 3.14 Membuat kaligrafi atau stabilo 38 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • 11. Text Text tool Anda perlukan saat akan memasukkan tulisan ke dalam proyek Anda. Tool ini dapat Anda aktifkan dengan menekan tombol F8 pada keyboard. Gambar 3.15 Membuat tulisan Untuk memberi warna isi dan warna garis pada suatu objek, Anda dapat menggunakan Pallete dan Status bar. Untuk mewarnai isi objek, lakukan klik kiri pada warna yang Anda inginkan. Cara lainnya adalah dengan klik kanan pada Pallete, lalu memilih bagian objek yang akan diberi warna, yaitu isi (fill) atau garis (stroke) dengan klik kiri mouse. Perhatikan Gambar 3.16 agar semakin jelas. Gambar 3.16 Mewarnai Obyek Saat Anda bekerja pada Inkscape, adakalanya tampilan Inkscape terlihat kecil. Untuk memperbesar tampilan tersebut, gunakan Zoom dari Toolbox atau tekan tombol Z pada keyboard, kemudian klik kiri pada objek. Bila Anda ingin mengecilkan kembali tampilan, tekan tombol Shift dan tahan, kemudian klik kiri pada objek sampai Anda rasa cukup ukuran tampilannya. MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 39
  • B. MODIFIKASI OBJEK PADA INKSCAPE Inkscape juga menyediakan fasilitas-fasilitas agar Anda dapat membuat lebih banyak variasi dalam proyek gambar vektor yang Anda buat. Fasilitas tersebut terletak pada menu Object, Path, dan Text. Dalam pembuatan objek, terkadang posisi objek saling bertumpuk di atas dan bawah. Anda dapat memindahkan posisi objek dengan cara menekan tombol pada keyboard. Tombol PgUp untuk memindahkan posisi objek ke atas atau ke depan, dan tombol PgDn untuk memindahkan posisi objek ke bawah atau ke belakang. Gambar 3.17 Posisi Obyek 1. Menu Object Pada menu ini, dapat Anda temukan beberapa fungsi untuk objek. Fungsi yang umum digunakan adalah Fill and Stroke untuk mengubah warna pada isi dan garis objek, Group dan UnGroup untuk menggabungkan beberapa objek dan memisahkan objek yang telah digabungkan, Rotate untuk memutar objek, dan Flip untuk membalik objek. Gambar 3.18 rotate object 40 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • Gambar 3.19 Flip Obyek Selain itu, masih ada fungsi Transform untuk mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan transformasi objek seperti perpindahan (Move), ukuran (Scale), perputaran (Rotate), tingkat kemiringan (Skew). Transform dapat dijalankan, bila objek sudah diseleksi. Menu ini dapat Anda aktifkan dengan menekan kombinasi tombol Shift + CTRL + M pada keyboard. Gambar 3.20 transform move MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 41
  • Gambar 3.21 Transform scale Gambar 3.22 Transform rotate 42 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • Gambar 3.23 Transform skew 2. Menu Path Menu Path dapat Anda gunakan untuk memodifikasi satu atau beberapa objek menjadi suatu objek baru. Hampir semua bagian dari menu Path sangat berguna untuk memodifikasi gambar. Gambar 3.24 menunjukkan bagian-bagian menu Path yang umum digunakan. Gambar 3.24 menu path MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 43
  • 1. Bagian 1 Bagian ini berguna untuk mengubah properti objek sehingga objek tersebut lebih mudah diubah ke bentuk objek lain menggunakan tool Edit Path pada toolbox. Objek yang diubah adalah objek yang sudah baku, seperti kotak, lingkaran, bintang, polygon. Pada bagian ini ada 3 submenu yang dapat Anda gunakan, yaitu Object to Path (objek yang diubah ke path), Stroke to Path (garis yang diubah ke path), dan Trace Bitmap (mengubah gambar bitmap yang diimpor ke dalam Inkscape menjadi gambar vektor). Gambar 3.25 Hasil Object to path yang diubah dengan edit path Gambar 3.26 Hasil Stroke to path, fill hilang dan gambar berubah setelah diubah dengan edit path 44 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • Gambar 3.27 Hasil Trace Bitmap, Gambar bitmap yang diubah ke vektor kemudian diubah dengan edit path 2. Bagian 2 Bagian ini dapat Anda gunakan untuk membuat objek baru dari perpaduan beberapa objek. Sub menu yang terdapat di bagian ini antara lain: ● Union Sub menu ini berguna untuk menggabungkan beberapa objek menjadi objek baru. Objek-objek tersebut disusun dengan posisi saling bertumpuk (Gambar 3.28). Gambar 3.28 Hasil Union, 2 objek yang diseleksi MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 45
  • Difference ● Pada sub menu ini, posisi objek yang di atas atau di depan memotong objek yang ada di bawahnya seperti tampak pada Gambar 3.29. Gambar 3.29 Hasil Difference, Lingkaran memotong persegi Intersection ● Sub menu ini dapat Anda gunakan untuk mengambil objek hasil perpotongan dua objek atau lebih seperti yang diperlihatkan pada Gambar 3.10. Gambar 3.30 Hasil Intersection Exclusion ● Sub menu ini dapat Anda gunakan untuk menghasilkan objek yang bertolak belakang dengan objek hasil sub menu Intersection. Objek baru terbentuk dengan membuang perpotongan kedua objek. Perhatikan Gambar 3.31 agar lebih jelas. Gambar 3.31 Hasil Exclusion Division ● Submenu ini berguna untuk mengambil hasil pemotongan objek di posisi bawah oleh objek yang berada di atasnya seperti yang terlihat pada Gambar 3.32. 46 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • Gambar 3.32 Hasil Division Cut path ● Submenu ini dapat Anda gunakan untuk mengambil garis atau stroke dari objek yang dipotong oleh objek di atasnya. Hasilnya hanya berupa garis karena isi atau fill akan dihilangkan (perhatikan Gambar 3.33). Gambar 3.33 Hasil Cut path 3. Bagian 3 Bagian ini mempunyai fungsi yang sama dengan bagian 2, namun kegunaan dan hasil sub menu yang ada di dalamnya berbeda. Sub menu yang terdapat di bagian 3 adalah sebagai berikut. ● Combine Submenu ini berguna untuk menggabungkan beberapa objek, lalu membuang perpotongan antar objek dan membentuk objek baru. Pada contoh di bawah ini, awalnya dibuat sebuah elip, kemudian diputar menggunakan transform sebesar 15 derajat, kemudian diduplicate, diputar 15 derajat, demikian seterusnya hingga dihasilkan pola yang menarik, di combine. MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 47
  • Gambar 3.34 Elips yang diputar 15 derajat, kemudian di duplicate secukupnya dan di combine Break Apart ● Sub menu ini dapat Anda gunakan untuk mengembalikan objek-objek yang telah Anda combine. Gambar 3.35 Objek-objek yang kembali didapat setelah dicombine 4. Menu Text Menu ini berguna untuk mengubah fornat teks dan meletakkan teks ke path suatu objek atau melepas teks dari path. Sub menu yang biasa digunakan adalah Text and Font, Put on Path, dan Remove from Path. ● Text and Font Sub menu ini dapat Anda gunakan untuk mengubah jenis huruf, ukuran huruf, dan properti huruf (tebal, miring), serta fasilitas penulisan paragraf seperti layout dan line spacing. 48 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • Gambar 3.36 Text and Font Put on Path ● Sub menu ini berfungsi untuk menempatkan teks pada garis suatu objek, misalnya pada lingkaran. Mula-mula, teks dan objek harus Anda seleksi terlebih dahulu. Kemudian, klik menu Text → Put on Path dan putar objek hingga tulisan berada pada posisi yang tepat. Perhatikan Gambar 3.37 yang menjelaskan fungsi sub menu ini. Gambar 3.37 Proses teks Put on Path Tulisan text to path dapat dilepaskan dari lingkaran, dengan cara seleksi kedua objek yang menyatu setelah proses put on path, kemudian klik menu Edit → Duplicate dan hapus lingkaran tersebut. Remove from Path ● Sub menu ini berguna untuk melepaskan teks dari objek setelah proses put on path. MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 49
  • C. MENGATUR DOKUMEN Sebelum membuat dokumen baru, sebaiknya Anda mempersiapkan ukuran dokumen dan orientasi halaman (potrait atau landscape) agar dokumen tersebut mudah dicetak. Untuk mengatur ukuran dokumen, Anda dapat menggunakan menu File → Document Properties (Gambar 3.38). Gambar 3.38 Document Properties D. RANGKUMAN Menu dan ikon pada Inkscape menyediakan semua fasilitas untuk proses menggambar maupun mengubah (mengedit) gambar. Menu yang umum digunakan dalam pengolahan gambar adalah Object, Path, dan Text. Tool yang umum digunakan dalam proses pengolahan gambar adalah Toolbox. Untuk membuat gambar vektor yang bagus dan menarik, diperlukan daya imajinasi, kreatifitas, dan keahlian menggunakan program aplikasi. Keahlian untuk menggunakan Inkscape dapat Anda peroleh dengan terus belajar membuat gambar, dan mencari sumber informasi-informasi dari buku atau Internet. 50 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • E. ISTILAH-ISTILAH PENTING ISTILAH ARTI Flip Membalik objek. Path Garis objek. Put Meletakkan objek. Select Memilih objek dengan menggunakan select and transform objek. Transform Memindahkan objek. F. EVALUASI a. Soal Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang paling tepat. 1. Bagian dari Inkscape yang berguna untuk membentuk atau mengubah suatu objek adalah .... a. Menu bar b. Status bar c. Pallete d. Toolbox e. Rulers 2. Menu untuk mengatur layout dokumen adalah .... a. File b. Edit c. View d. Layer e. Object 3. Bagian dari Toolbox yang dapat kita gunakan untuk memilih dan memindahkan objek adalah .... a. Select and Transform Object b. Edit Path c. Zoom in or out d. Draw Freehand Lines e. 3D Boxes 4. Suatu objek mempunyai bagian yang dapat diubah menjadi objek bentuk lain. Bagian tersebut adalah .... a. fill MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 51
  • b. stroke c. stars and polygons d. spirals e. palllete 5. Toolbox yang berguna untuk mengubah (edit) objek adalah .... a. Select and Transform Object b. Edit Path c. Zoom in or out d. Draw Freehand Lines e. 3D Boxes 6. Pallete berguna untuk .... a. mengubah objek b. memindahkan objek c. memutar objek d. mengubah ukuran objek e. mewarnai objek 7. Ikon untuk menyimpan objek, terdapat pada toolbar .... a. Commands b. Tool Controls c. Toolbox d. Pallete e. Status bar 8. Toolbox yang berguna untuk membuat suatu objek bebas dengan sebelumnya menentukan titik-titik pertemuan antar garis pada suatu objek yang akan dibuat adalah .... a. Edit Path b. Draw Freehand Lines c. Bezier Curves and Straight Lines d. Zoom in or out e. Fll Bounded Areas 9. Menu .... digunakan untuk mengubah tulisan atau huruf. a. File b. Edit c. Object d. Path e. Text 52 MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE
  • 10. Sub menu yang berguna untuk mengubah objek tertentu, misalnya mengubah kotak menjadi bentuk objek bebas menggunakan Edit Path adalah.... a. Transform b. Object to Path c. Union d. Combine e. Put on Path b. Soal Teori Kerjakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini. 1. Tuliskan cara menentukan layout dokumen pada Inkscape! 2. Sebutkan fungsi-fungsi Toolbox! 3. Bagaimana cara memberikan warna pada objek? 4. Apakah fungsi dari submenu transform di Inkscape? 5. Tuliskan cara menyimpan dokumen Inscape! c. Soal Praktik Kerjakan soal praktik berikut ini. 1. Bukalah program Inkscape. 2. Buatlah objek bebas yang merupakan perpaduan dari beberapa objek. 3. Berilah warna yang menarik. 4. Simpan di folder Documents dengan nama praktek03_nama_kelas. MEMBUAT OBJEK DENGAN MENU DAN IKON PADA INKSCAPE 53
  • BAB IV BERKREASI DENGAN INKSCAPE STANDARD KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis bitmap dan vektor. ➢ KOMPETENSI DASAR Membuat dan mengubah gambar vektor . ➢ PETA KONSEP BERKREASI DENGAN INKSCAPE 55
  • PENGANTAR BAB I nkscape dapat kita gunakan untuk menghasilkan berbagai gambar dan objek yang menarik. Selain dipengaruhi oleh fasilitas-fasilitas pengolahan gambar yang disediakan Inkscape, kemampuan menghasilkan gambar yang menarik juga ditentukan oleh kemampuan kita menggunkan berbagai fasilitas tersebut. Pada bab ini, Anda akan mempelajari cara-cara untuk mengolah objek hingga menjadi gambar yang menarik, misalnya stempel, logo, dan gambar mobil. A. MEMBUAT STEMPEL INKSCAPE Sebagai latihan pertama, Anda akan mempelajari pembuatan stempel Inkscape. Jika Anda mengembangkan kemampuan ini dan banyak berlatih, Anda dapat menggunakannya sebagai sarana berwirausaha. Berikut langkah-langkah untuk membuat stempel. 1. Siapkan dokumen dengan ukuran B8 dengan orientasi Potrait dari menu File → Document Properties. Gambar 4.1 Pengaturan dokumen 2. Buat tulisan Inkscape dan ubah jenis dan ukuran huruf dari menu Text. Gambar 4.2 Mengubah tulisan Inkscape 56 BERKREASI DENGAN INKSCAPE
  • 3. Buat tulisan V E K T O R dan ubah jenis huruf, dan ukurannya. Gambar 4.3 Mengubah tulisan V E K T O R 4. Buat lingkaran sempurna seperti pada Gambar 4.4. Gambar 4.4 Lingkaran sempurna 5. Seleksi tulisan VEKTOR dan lingkaran, kemudian klik menu Text → Put on Path, kemudian putar lingkaran sehingga menjadi seperti Gambar 4.5. Gambar 4.5 Tulisan Put on Path BERKREASI DENGAN INKSCAPE 57
  • 6. Klik kanan lingkaran, klik Fill and Stroke. Gambar 4.6 Sub menu Fill and Stroke 7. Klik bagian X atau No paint pada Fill dan Stroke (perhatikan Gambar 5.7). Gambar 4.7 Menghilangkan garis dan isi objek 8. Buat suatu objek dengan menggunakan Bezier Curves and Straight Lines, lalu ubah dengan Edit Path, seperti gambar berikut ini. Gambar 4.8 objek pertama 58 BERKREASI DENGAN INKSCAPE
  • 9. Beri warna objek, kemudian pertebal garis objek dengan cara klik kanan klik Fill and Stroke, kemudian klik bagian Stroke style, ubah Width menjadi 7. Gambar 4.9 Mengatur ketebalan garis 10. Buat objek kedua dengan menggunakan Bezier Curves and Straight Lines, dan beri warna putih, seperti gambar berikut ini. Gambar 4.10 Objek kedua 11. Buat objek ketiga dengan menggunakan Bezier Curves and Straight Lines, beri warna, dan ubah dengan Edit Path menjadi Gambar 4.11. Gambar 4.11 Objek ketiga 12. Buat objek keempat dengan menggunakan freehand lines. Sorot objek ketiga dan keempat, kemudian klik menu Path → Diferrence seperti tampak pada Gambar 4.12. BERKREASI DENGAN INKSCAPE 59
  • Gambar 4.12 Objek keempat 13. Aturlah semua posisi objek dan beri kotak seperti Gambar 4.13. Gambar 4.13 Stempel Inkscape 14. Simpan dengan nama file praktikum01_nama_kelas. B. MEMBUAT LOGO GNOME SUMMIT Pada latihan kedua ini, Anda akan belajar cara membuat suatu logo, dalam hal ini logo GNOME SUMMIT. Anda dapat mengembangkannya menurut kreativitas Anda sendiri. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat logo GNOME SUMMIT. 1. Siapkan dokumen dengan ukuran A4 dan orientasi Landscape. Gambar 4.14 Pengaturan dokumen 60 BERKREASI DENGAN INKSCAPE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar